News

Cegah Obesitas dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi

Indragiri Hilir - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri SKM MKL, menjelaskan beberapa langkah penting dalam mencegah obesitas.

Faktor-faktor yang berkontribusi pada kondisi ini termasuk asupan kalori yang berlebihan dibandingkan dengan yang dibakar melalui aktivitas fisik dan kegiatan sehari-hari. Selain itu, faktor genetik, perilaku, dan hormonal juga memainkan peran dalam berat badan seseorang.

Karena itu perlu pola hidup sehat adalah kunci utama dalam pencegahan obesitas. Langkah-langkah yang disarankan meliputi rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, menjalankan diet untuk menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula, serta mendapatkan tidur yang cukup. Lingkar pinggang yang lebih dari 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 80 cm untuk perempuan merupakan salah satu indikator obesitas sentral, yang perlu diwaspadai.

Loading...

Penerapan diet sehat dan pembatasan asupan kalori harian, serta rutinitas aktivitas fisik, menjadi bagian dari strategi yang dianjurkan. Dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap obesitas, serta melakukan deteksi dini, diharapkan dapat menjaga kesehatan dan kebugaran serta menghindari penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus dan hipertensi.

Dengan demikian, upaya pencegahan obesitas memerlukan komitmen individu dan dukungan dari pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi masyarakat. Ini termasuk menyediakan ruang-ruang olahraga dan mempromosikan kebijakan yang mendukung aktivitas fisik. Kesadaran kolektif dan tanggung jawab atas kesehatan diri sendiri akan menjadi agen perubahan yang kuat dalam memerangi obesitas di Indonesia.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video