News

Pentingnya Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh Lansia

Ilustrasi

Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengingatkan pentingnya melakukan aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh bagi Lansia.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri, Rahmi Indrasuri, SKM, M.KL aktivitas fisik merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan lansia. Menurut studi kedokteran, aktivitas fisik yang teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi orang dewasa berusia 65 tahun ke atas.

Manfaat tersebut meliputi peningkatan kualitas tidur, pengurangan rasa cemas, penurunan tekanan darah, serta peningkatan kesehatan otak yang dapat mengurangi risiko demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2, serta beberapa jenis kanker seperti kanker kandung kemih, payudara, kolon, endometrium, esofagus, ginjal, paru-paru, dan lambung.

Loading...

Tidak hanya itu, dikatakan Kadiskes, menjaga berat badan yang sehat dan memperkuat tulang, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi untuk mengurangi risiko jatuh.

Lansia disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau aktivitas aerobik intensitas tinggi selama 75 menit per minggu, ditambah dengan aktivitas yang memperkuat otot minimal dua hari dalam seminggu. Kegiatan untuk meningkatkan keseimbangan, seperti berjalan tumit ke ujung kaki atau berdiri dari posisi duduk, juga sangat dianjurkan.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda, sehingga aktivitas fisik harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jika ada kesulitan dalam memenuhi rekomendasi ini, lakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada, karena melakukan sedikit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video