News

Penuhi Asupan Vitamin Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi

Indragiri Hilir - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menekankan pentingnya menjaga kesehatan mata, terutama melalui asupan vitamin yang memadai. Vitamin dan nutrisi tertentu memiliki peran krusial dalam mendukung fungsi penglihatan yang optimal.

Misalnya, Vitamin A dikenal penting untuk menjaga kornea dan merupakan komponen dari rhodopsin, protein yang memungkinkan kita melihat dalam kondisi cahaya rendah.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, yang dapat berujung pada kebutaan jika tidak ditangani. Selain itu, Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Loading...

Penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi Vitamin E bisa mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. Vitamin C juga penting karena membantu dalam regenerasi vitamin E dan melindungi mata dari cahaya yang berpotensi merusak.

Vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12 dapat mengurangi risiko penyakit mata tertentu. Lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam sayuran hijau dan telur, membantu melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya biru. Asam lemak omega-3, yang banyak terdapat dalam ikan, juga penting untuk kesehatan retina.

Dengan demikian, diet seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang baik adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video