News

Cegah DBD Dinkes Inhil Himbau Masyarakat Terapkan 3 M Plus

Ilustrasi

Indragiri Hilir - Dalam upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sering meningkat kasusnya terutama di musim hujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengajak masyarakat untuk menerapkan strategi 3M Plus.

Strategi ini meliputi Menguras, Menutup, dan Mengubur, serta langkah tambahan untuk memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti, vektor utama penyakit ini. Menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat tempat-tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air hujan adalah langkah-langkah dasar dalam strategi ini.

Plus, yang merupakan tambahan dari 3M, mencakup langkah-langkah seperti menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, serta gotong royong membersihkan lingkungan.

Loading...

Langkah-langkah ini penting untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk yang dapat menularkan virus DBD kepada manusia. Dengan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan dapat mengurangi risiko wabah DBD yang setiap tahunnya dapat mengakibatkan kejadian luar biasa (KLB) di berbagai daerah.(Adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video