UPT Puskesmas Sungai Salak Gelar Pencanangan PIN Polio Serentak Tahap 2

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:26:30 WIB

UPT Puskesmas Sungai Salak Gelar Pencanangan PIN Polio Serentak Tahap 2

Indragiri Hilir - UPT Puskemas Sungai Salak, Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pencanangan PIN Polio Serentak tahap II, bertepatan di RA Khalifah, Selasa 23 Juli 2024.

Hadir pada pencanangan PIN Polio, Ns. Saiful Ahwan, S. Kep, Camat Tempuling, lurah, Kapolsek, Danramil, Korwil Pendidikan, Ketua TP PKK Sungai Salak, Kasi Kesling Dinas Kesehatan, naskes puskesmas Sungai Salak serta seluruh wali murid RA Khalifah.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Sungai Salak, Ns. Saiful Ahwan, S. Kep diharapkan pelaksanaan PIN Polio tahap 2 ini berjalan dengan lancar tanpa ada kejadian ikutan pasca imunisasi.

Tidak hanya itu diharapkannya, kecamatan Tempuling bisa mencapai target 95 persen anak mendapatkan vaksin polio. Dalam pencanangan tahap II ini dilaksanakan 26 titik pos imunisasi di wilayah kerajaan Puskesmas Sungai Salak.

"Hari ini pelaksanaan PIN Polio diadakan di 26 titik pos imunisasi diantaranya posyandu, TK Paud dan SD/MI," pungkasnya.

Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio lengkap. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes dan suntik.

Pemberian imunisasi lengkap atau kombinasi imunisasi polio tetes (OPV) dan imunisasi polio suntik (IPV) diperlukan untuk membentuk kekebalan yang optimal terhadap semua virus polio.

Cakupan imunisasi polio, baik tetes maupun suntik, harus mencapai 95% dan merata di suatu wilayah untuk membentuk kekebalan kelompok. Hal ini untuk mencegah virus polio menyebar luas dan memicu munculnya kasus polio berisiko.(adv/dana)