Hukrim

Polres Inhil dan Instansi Terkait Berjibaku Padamkan Api di Gaung

INDRAGIRI HILIR - Polres Indragiri Hilir (Inhil) bersama Polsek Gaung, Koramil 05 GAS, Pemerintah Desa Simpang Gaung, Masyarakat Peduli Api (MPA) RPK PT. MSK dan BPBD berjibaku memadamkan api di tengah semak belukar. 

Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) terpantau pada Minggu (4/8/2024) di Parit 03, 04 dan 05 Dusun Sentosa, Desa Simpang Gaung Kecamatan Gaung yang telah meluas memakan lahan gambut sebanyak kurang lebih 5 hektar. 

Lahan semak belukar tersebut milik masyarakat yang diduga Koperasi Kurni Ilahi) sitaan dari salah satu Bank. 

Loading...

"Kami melakukan pendinginan lahan yang terbakar, dibagi menjadi 3 titik lokasi, parit 3 tim dari RPK PT.MSK beserta MPA, parit 4 tim dari TNI dan BPBD dibantu warga dan Parit 5 tim dari Polsek bersama MPA PT.MSK bersama warga dengan cara pendinginan melalui penyemprotan," sebut Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan.

Masing-masing tim menurunkan 1 ( Satu ) unit alat berat untuk melakukan penyekatan kanal di sekeliling lokasi kebakaran. 

"Selain itu juga kami pantau melalui drone perusahaan untuk melihat kondisi lahan yang terbakar agar dapat mempermudah menetukan titik yang akan dilakukan penyekatan dan pemadaman," terangnya

Sementara dijelaskan Kapolres Inhil, pelaku pembakaran lahan masih Dalam proses penyelidikan.

"Tim juga terhambat oleh medan menuju lokasi yang penuh dengan semak belukar setinggi orang dewasa. Arah angin selalu berputar sehingga sulit melakukan pemadaman dan pendinginan disebabkan asap mengarah kepada personil pemadaman," kata Kapolres. 

Saat ini masih dilakukan penyekatan dan pendinginan karena masih ada asap ditengah lokasi dan akan dimaksimalkan pendinginan lebih lanjut.


Loading...