News

Disparporabud Inhil Gelar Pelatihan Pokdarwis Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Indragiri Hilir - Berbagi upaya dilakukan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam meningkatkan kunjungan pariwisata salah satunya menggelar pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Senin 13 Mei 2024.

Dibuka langsung Kepala Disparporabud Inhil, Pelatihan yang diadakan selam dua hari tersebut bertempat di Hotel Inhil Pratama Tembilahan merupakan Sub kegiatan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat untuk pengembangan wista di Disparporabud Kabupaten Indragiri Hilir.

Laporan ketua panitia, Dessi Ervina menyampikan pelatihan Pokdarwis diikuti sebanyak 30 peserta dari 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Yakni Pokdarwis Taman Wista Anugrah dari Sungai Luar, Pokdarwis Indah Pertiwi dari Desa Pulai Indah, Pokdarwis Intan Berkilau dari Desa Sungai Intan,  Pokdarwis Delapan Enam dari Desa Keritang Hulu, Pokdarwis Bidari Lestari dari Desa Tanjung Pasir, Pokdarwis Pantai Solop dari Desa Pulau Cawan dan Pokdarwis Desa Teluk Dalam.

Loading...

Lanjut Dessi Ervina, Pelatihan Pokdarwis bertujuan memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan pariwisata kepada kelompok sadar wisata yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Sehingga diharapkan mampu meningkatkan pengunjung wisata yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir," Jelas Kepala Bidang Pariwisata Disparporabud Inhil, Dessi Ervina.

Sementara itu Kepala Disparporabud Inhil Qudri Ramaputera, SH, MH sebelum membuka secara resmi Pokdarwis dalam sambutannya menyampikan harapannya semoga peserta Pokdarwis dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan dapat terlaksana.

Dikatakannya, pelatihan dan sosialiasi seperti ini merupakan tahun kedua pelaksanaannya selama ia menjabat. Dan ia berharap di tahun ke 3 dapat memberikan prestasi di bidang pariwisata bagi kabupaten Indragiri Hilir.

"Ini tahun ke dua pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan selama saya menjabat kepala Dinas, semoga di tahun ke 3 Harusnya bukan pelatihan tapi prestasi Pokdarwisnya yang diberikan," harap Qudri.

Lanjutnya ia berpesan kepada seluruh Pokdarwis dapat memanfaatkan sarana sosial media dalam mempromosikan destinasi wista di daerah masing-masing. Karena menurutnya, Pariwisata dan promosi merupakan hal yang sangat berkait.

"Terkait Pariwisata, media sosial dan media online punya peran sangat penting dalam mempromosikan ke masyarakat. Jadi harus mampu dimanfaatkan sebaik mungkin," pungsanya.(adv)


Loading...